PGSD UNEJ
TUGAS MATAKULIAH: PENGEMBANGAN PEMB. MTK SD
NAMA: WIDYANING TYASTUTIK
NIM: 120210204032
Lembar Kegiatan Siswa
(Permainan Bebas)
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 6. 1 Membuat denah letak benda
Indikator : Siswa dapat menggambar denah rumah
Kelas/semester : VI/II
Sekolah : ......................................................
Nama : ......................................................
Alat yang diperlukan:
·
Kerikil
Langkah Kerja:
·
Buatlah denah rumah sesuai dengan keinginan
kalian menggunakan kerikil!
Soal:
1.
Gambarlah denah rumah yang sudah kalian buat!

2.
Di sebelah manakah letak kamarmu dari dapur?
Jawab :
..........................................................................
3.
Di sebelah mana letak ruang tamu?
Jawab : ..........................................................................
Lembar Kegiatan Siswa
(Permainan
menggunakan aturan)
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 2.2 Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan atau jam)
Indikator : Siswa
dapat memilih alat ukur panjang
Kelas/semester
: III/I
Sekolah : ......................................................
Kelompok : ........................................................
Nama Anggota : 1.....................................................
2.....................................................
3.....................................................
4.....................................................
5....................................................
Alat yang diperlukan:
·
Roll meter
·
Timbangan
·
Jam
·
Batok kelapa
·
Tali
Langkah Kerja:
·
Siapkan semua alat yang akan digunakan.
·
Satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok.
·
Setiap kelompok dipilih satu orang untuk
mewakili bermain “batok kelapa” di luar kelas.
·
Batok kelapa di rangkai dengan tali.
·
Siswa yang menjadi perwakilan, melepas sepatu
dan kaos kakinya lalu menjepit tali batok kelapa diantara jempol dan telunjuk kaki.
·
Semua peserta akan berjalan lurus ke depan
selama 1 menit.
·
Jika waktu permainan selesai, semua peserta
meninggalkan permainan dengan meletakkan batok kelapa sesuai dengan jarak yang sudah
didapat.
·
Beri nama kelompok pada masing-masing batok
kelapa.
·
Pilihlah alat ukur yang sesuai untuk mengetahui
kelompok mana yang menjadi pemenangnya.
·
Penentuan pemenang berdasarkan panjang jarak
lintasan batok kelapa yang sudah ditempuh.
Soal:
1.
Dari hasil pengamatan yang kalian
lakukan, gambarlah letak batok kelapa hasil dari permainan yang telah kelompok
kalian lakukan!



![]() |
2. Alat
ukur apa yang kalian gunakan dalam menenentukan panjang lintasan batok kelapa?
Jawab :
..........................................................................
3. Setelah
kalian mengukur panjang lintasan batok kelapa, berapa hasil yang kalian dapat
dari masing-masing kelompok?
Jawab :
Kelompok
1 = .................................................................
Kelompok
2 = ................................................................
Kelompok
3 = ................................................................
Kelompok
4 = ................................................................
Kelompok
5 = ................................................................
4. Kelompok
berapa yang menang dalam permainan batok kelapa?
Jawab :
..........................................................................
5. Kelompok
berapa yang kalah dalam permainan batok kelapa?
Jawab : ..........................................................................
Lembar Kegiatan Siswa
(Permainan kesamaan
sifat)
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan
hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun datar
Indikator : -Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat
bangun datar
-Siswa dapat menyebutkan persamaan antar bangun datar
Kelas/semester : V/II
Sekolah : ......................................................
Kelompok :
........................................................
Nama Anggota :
1......................................................
2.....................................................
3.....................................................
4.....................................................
5....................................................
Alat yang diperlukan:
·
Bentuk-bentuk bangun datar yang terbuat dari
kayu
·
Kantong plastik hitam
Langkah Kerja:
·
Siapkan semua alat yang dibutuhkan.
·
Satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok.
·
Semua bentuk bangun datar dijadikan satu dalam
kantong plastik hitam
·
Semua siswa ke lapangan sekolah.
·
|
Kantong plastik berisi bangun datar di letakkan di tengah
lapangan, setiap kelompok berbaris sesuai dengan gambar dibawah ini:
![]() |
||||||||||||
|
|
|||||||||||
![]() |
||||||||||||
![]() |
||||||||||||
![]() |
||||||||||||
![]() |
||||
|
·
Permainan akan dilaksanakan selama 5 menit.
·
Pemain pertama adalah siswa yang paling dekat
dengan kantong plastik.
·
Pemain kedua adalah siswa dibelakang pemain
pertama, dan seterusnya.
·
Ketika aba-aba mulai diteriakan guru, pemain
pertama akan berlari mengambil satu bangun datar yang ada pada kantong plastik
lalu berlari ke barisan paling belakang kelompoknya.
·
Setelah pemain pertama sudah berada di barisan
paling belakang kelompoknya, pemain kedua berlari mengambil bangun datar lagi
dan seterusnya sampai semua anggota kelompok memegang bangun datar.
·
Antar pemain satu kelompok tidak boleh memegang
bangun datar yang sama.
·
Kelompok yang paling banyak mendapatkan bangun
datar selama waktu yang ditentukan (2 menit) dinyatakan menang atau kelompok
yang menyelesaikan permainan paling cepat.
Soal:
1. Apa
saja nama bangun datar yang kelompok kalian dapatkan?
Jawab :
..........................................................................
2. Apa
saja sifat-sifat bangun datar yang kelompok kalian dapatkan?
Jawab :
..........................................................................
3. Bangun
datar apa saja yang mempunyai sifat sama?
Jawab :
..........................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar