Senin, 15 Juni 2015

Pengembangan Pemb. MTK SD_LKS Teori Dienes

PGSD UNEJ



TUGAS MATAKULIAH: PENGEMBANGAN PEMB. MTK SD
NAMA: WIDYANING TYASTUTIK
NIM: 120210204032





Lembar  Kegiatan Siswa
(Permainan Bebas)

Standar Kompetensi        : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar           : 6. 1 Membuat denah letak benda
Indikator                         : Siswa dapat menggambar denah rumah
Kelas/semester                : VI/II
Sekolah                           :  ......................................................
Nama                               : ......................................................                                   
Alat yang diperlukan:
·         Kerikil

Langkah Kerja:
·         Buatlah denah rumah sesuai dengan keinginan kalian menggunakan kerikil!

Soal:
1.      Gambarlah denah rumah yang sudah kalian buat!
Jawab:















2.      Di sebelah manakah letak kamarmu dari dapur?
Jawab  : ..........................................................................

3.      Di sebelah mana letak ruang tamu?
Jawab  : ..........................................................................
Lembar  Kegiatan Siswa
 (Permainan menggunakan aturan)

Standar Kompetensi        : 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar           : 2.2 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam)
Indikator                         :  Siswa dapat memilih alat ukur panjang
Kelas/semester                : III/I
Sekolah                           : ......................................................
Kelompok                       : ........................................................
Nama Anggota                : 1.....................................................
                                          2.....................................................
                                          3.....................................................
                                          4.....................................................
                                          5....................................................

Alat yang diperlukan:
·         Roll meter
·         Timbangan
·         Jam
·         Batok kelapa
·         Tali

Langkah Kerja:
·         Siapkan semua alat yang akan digunakan.
·         Satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok.
·         Setiap kelompok dipilih satu orang untuk mewakili bermain “batok kelapa” di luar kelas.
·         Batok kelapa di rangkai dengan tali.
·         Siswa yang menjadi perwakilan, melepas sepatu dan kaos kakinya lalu menjepit tali batok kelapa diantara jempol dan telunjuk kaki.
·         Semua peserta akan berjalan lurus ke depan selama 1 menit.
·         Jika waktu permainan selesai, semua peserta meninggalkan permainan dengan meletakkan batok kelapa sesuai dengan jarak yang sudah didapat.
·         Beri nama kelompok pada masing-masing batok kelapa.
·         Pilihlah alat ukur yang sesuai untuk mengetahui kelompok mana yang menjadi pemenangnya.
·         Penentuan pemenang berdasarkan panjang jarak lintasan batok kelapa yang sudah ditempuh.


Soal:
1.      Dari hasil pengamatan yang kalian lakukan, gambarlah letak batok kelapa hasil dari permainan yang telah kelompok kalian lakukan!
Text Box: Garis kemenangan

Jawab:

 
















2.      Alat ukur apa yang kalian gunakan dalam menenentukan panjang lintasan batok kelapa?
Jawab  : ..........................................................................

3.      Setelah kalian mengukur panjang lintasan batok kelapa, berapa hasil yang kalian dapat dari masing-masing kelompok?
Jawab  :
Kelompok 1 = .................................................................
Kelompok 2 = ................................................................
Kelompok 3 = ................................................................
Kelompok 4 = ................................................................
Kelompok 5 = ................................................................

4.      Kelompok berapa yang menang dalam permainan batok kelapa?
Jawab  : ..........................................................................

5.      Kelompok berapa yang kalah dalam permainan batok kelapa?
Jawab  : ..........................................................................











Lembar  Kegiatan Siswa
 (Permainan kesamaan sifat)

Standar Kompetensi        : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar           : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
Indikator                         : -Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun datar
  -Siswa dapat menyebutkan persamaan antar bangun datar
Kelas/semester                : V/II
Sekolah                           : ......................................................
Kelompok                       : ........................................................
Nama Anggota                : 1......................................................
                                          2.....................................................
                                          3.....................................................
                                          4.....................................................
                                          5....................................................

Alat yang diperlukan:
·         Bentuk-bentuk bangun datar yang terbuat dari kayu
·         Kantong plastik hitam

Langkah Kerja:
·         Siapkan semua alat yang dibutuhkan.
·         Satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok.
·         Semua bentuk bangun datar dijadikan satu dalam kantong plastik hitam
·         Semua siswa ke lapangan sekolah.










·        
Kel. 1
 
Kantong plastik berisi bangun datar di letakkan di tengah lapangan, setiap kelompok berbaris sesuai dengan gambar dibawah ini:

Kel. 4
 
Kel. 2
 
 








Kel. 3
3
 
 







·         Permainan akan dilaksanakan selama 5 menit.
·         Pemain pertama adalah siswa yang paling dekat dengan kantong plastik.
·         Pemain kedua adalah siswa dibelakang pemain pertama, dan seterusnya.
·         Ketika aba-aba mulai diteriakan guru, pemain pertama akan berlari mengambil satu bangun datar yang ada pada kantong plastik lalu berlari ke barisan paling belakang kelompoknya.
·         Setelah pemain pertama sudah berada di barisan paling belakang kelompoknya, pemain kedua berlari mengambil bangun datar lagi dan seterusnya sampai semua anggota kelompok memegang bangun datar.
·         Antar pemain satu kelompok tidak boleh memegang bangun datar yang sama.
·         Kelompok yang paling banyak mendapatkan bangun datar selama waktu yang ditentukan (2 menit) dinyatakan menang atau kelompok yang menyelesaikan permainan paling cepat.








Soal:
1.      Apa saja nama bangun datar yang kelompok kalian dapatkan?
Jawab        : ..........................................................................
2.      Apa saja sifat-sifat bangun datar yang kelompok kalian dapatkan?
Jawab        : ..........................................................................
3.      Bangun datar apa saja yang mempunyai sifat sama?
Jawab        : ..........................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar